Itinerary Vietnam Utara 4 hari : Hanoi – Fansipan – Halong Bay

KPNKMN

Ketika sedang tidak berpergian, adalah seorang pengkode. Menyukai membaca, terutama literatur tertentu. Menyukai mendengar musik genre tertentu. Menyukai menonton film genre tertentu. Seorang pemalas dalam menulis dan mengambil foto. Berpergian ketika ingin, namun sangat menikmati. Sedang dan terus mencari jawaban atas pertanyaan abadi perihal formula keseimbangan antara bekerja dan berpergian.

You may also like...

8 Responses

  1. Ria says:

    Nice info soal trip nya di Hanoi. Saya rencana ke Sapa oktober ini. Kondisi waktu perjalanan Mas hampir sama dengan Saya. Jadi bisa Saya jadi kan bahan acuan. tour di Sapa nya pake travel apa? Boleh Saya minta contact nya?

    • KPNKMN says:

      Hai Ria.
      Waktu itu kami hanya sehari di Sapa (tanpa menginap) dan cuaca yang kami dapatkan adalah gerimis ringan dari pagi sampai sore. Pada perjalanan ke Fansipan, baik di cable car, di trek, ataupun puncak keadaan cukup berkabut. Suhu kurang lebih sama dengan di Dieng.
      Kami memesan paket Sapa dari jakarta lewat vietnamtouronsale.com dengan email sales(at)vietnamtouronsale.com. Namun jika hendak on the spot agar bisa membandingkan banyak bisa dicari di Old Quarter, Hanoi.

  2. Insani Rahmi says:

    Halo kak, kebetulan aku juga mau ke vie dan vie utara pilihan aku karena sepertinya tempat healingnya banyak disana. Kak, aku mau tanya, rencananya aku mau semingguan disana. kira-kira ada tempat lain yang view nya bagus banget ga disekitar vie utara, selain fansipan dan halong bay. Terus makanan disana untuk yang halal nya susah apa mudah? Lalu apakah disana aman?

    • KPNKMN says:

      Halo Rahmi,

      Terus terang kami tidak sempat ke tempat lain selain Fansipan dan HalongBay waktu itu, tapi jika kamu memiliki waktu seminggu, mungkin kamu bisa mengeksplor lebih lama kota Sapa. Selain Fansipan, desanya juga menarik untuk dijelajahi lebih lanjut, seperti air terjun. Atau juga dapat mengeksplor gua-gua lain di Halong Bay, yang lebih tidak touristy dibanding Sung Sot. Atau juga dapat lebih mengeksplor kota Hanoi-nya, mencari kuliner atau mengunjungi pagoda-pagodanya. Itu mungkin pilihan-pilihan yang dapat kamu pertimbangkan.

      Mengenai makanan halal, sebagai negara mayoritas non-muslim, memang agak susah untuk memastikan makanan halal di warung atau resto pada umumnya, warung Pho menjual Pho dari sapi, ayam, dan sayur, namun di warung yang sama juga menjual Pho pork. Namun jika ingin mencari makanan yang pasti halal (seperti di negara-negara lainnya), patokannya adalah carilah restoran India, biasanya ada mereka menjual makanan halal. Terdapat juga makanan cepat saji semacam KFC atau McD sebagai pilihan menu yang lain.

      Mengenai keamanan, relatif aman, asal tetap waspada. Seperti negara berkembang di Asia Tenggara lainnya, di kota metropolitannya merupakan tempat yang ramai dan persaingan ekonomi yang keras. Namun di desanya orang-orangnya pun cenderung lebih ramah dan santai. Untuk menghindari dari kejahatan, dengan cara biasa saja, seperti : tetap di daerah turis, jangan berkeliaran sampai malam di tempat sepi, hormat dan sopan dengan penduduk sekitar, tidak membawa barang berharga yang mencolok, dan lain-lain.

      • Insani Rahmi says:

        waahh terima kasih banyak infonya kak. Tinggal menunggu teman-teman yang mau ngikut ke vie hehehe. Soalnya ada beberapa teman yang bilang kalau vietnam bahaya. Lalu kak, untuk cable car nya berapa biaya naik cable car nya? Lalu apakah kaka punya rekomendasi tempat healing bagus di asia tenggara dan murah? Terima kasih banyak balasannya kak

        • KPNKMN says:

          Halo Rahmi,

          Berdasarkan fansipan legend harga saat ini adalah VND700.000. Waktu itu kami beli paket USD41 sudah termasuk antar jemput dari/ke stasiun Sapa (paket satu hari pagi sampai sore).

          Maaf, tempat healing maksudnya apa ya? Saya kurang paham, hehe.

  3. Insani Rahmi says:

    oh jadi USD 41 itu sudah termasuk cable car. Healing itu maksudnya menenangkan jadi lebih ke pemandangan yang bagus2 kak yang bisa bikin tenang. Selain vie, negara Asia Tenggara mana lagi yang menurut kaka bagus untuk tempat healing tersebut?

    • KPNKMN says:

      Betul USD41 sudah termasuk cable car.
      Hmm… maksudnya wisata alam ya… di Vietnam selatan, ada Mui Ne (dapat dicapai dari Ho Chi Minh) terdapat pantai dan gurun/gumuk pasir yang cukup terkenal. Atau di Kota Kinabalu, Sabah, Malaysia adalah kota pegunungan mirip dengan Sapa. Itu sih yang sudah pernah kami kunjungi. Atau kalau ingin agak jauh dapat mencoba Jepang, untuk menikmati pemandangan Fuji. Atau yang lebih jauh, namun tetap dapat hemat, dapat menuju daerah Ladakh di India, kamu dapat mencoba road trip menggunakan mobil dengan pemandangan spektakuler. Kamu dapat intip baik itin, catper, maupun gambarnya di blog ini 😉

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.